Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

MENGAMBIL MANFAAT DARI WARNANYA.....APA TUH.....? Baik bagi kesehatan kita.

Mengambil Manfaat Dari Warnanya.

Alam sekitar kita sungguh merupakan kenikmatan yang luar biasa. Kasih sayang Allah kepada makhluknya sungguh tidak terukur.

Dengan kenikmatan yang begitu besar sudah seharusnya kita harus bersyukur Kepada Allah, atas nikmat dan kasih sayangnya tersebut.

Namun sering kali kita tidak nenyadarinya karena keterbatasan akal manusia.
Coba kita perhatikan buah-buahan dan sayur disekitar kita. Masing-masing punya warna tersendiri. Ada merah, hijau, kuning, ungu dan sebagainya.

Masing-masing punya ciri tersendiri, begitu pula dengan bentuknya. Maha Suci Allah atas semua ini.

Berbicara masalah warna pada buah-buahan dan sayuran, ternyata bukan sekedar pelengkap tampilan saja, bukan pula hanya sekedar pembeda antara buah dan sayuran yang satu dengan yang lainya.
Berdasarkan penelitian para pakar, ternyata warna tersebut menjadi kunci nutrisi yang terkandung didalamnya.

MENGENAL GIZI DARI WARNANYA

Rahasia dibalik keindahan warna dari berbagai buah-buahan dan sayuran ciptaan Allah ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh Manusia.
Kandungan Zat-zat yang terkandung didalamnya sangat membantu kelangsungan hidup manusia di muka bumi ini.

Terdapat beberapa manfaat berdasarkan warna dari hasil penelutian para pakar. 

MERAH TUA / UNGU
Buah dengan warna ini umumnya mengandung ANTHO CYANIN. ANTHO CYANIN adalah anti oksidan yang mampu menghambat terbentuknya gumpalan dalam pembuluh darah. Dengan begitu resiko terjadinya penyakit jantung dan stroke akan berkurang dengan mengkonsumsi buah-buahan maupun sayuran dengan warna ini.
Contoh buah-buahan dan sayuran dengan warna ini antara lain seperti :
terong ungu, ceri, Strawberry, Black berries, Blue Berries, Anggur merah/Ungu, apel merah, kol Ungu, peer merah, Cabai merah dan lain-lain.

MERAH
Buah-buahan dan sayur dengan warna merah, banyak mengandung LYCOPENE.
LYECOPENE ini termasuk anti oksidan yang bisa melawan kanker.
Zat tersebut banyak terdapat pada tomat, jambu bol, semangka, Pepaya, Bayam merah Dll.

JINGGA
Pada Buah dan sayur warna jingga ini banyak terkandung Zat yang dusebut BETA CAROTENE. BETA CAROTENE adalah zat yang sangat penting bagi tubuh kita. Zat ini berkhasiat untuk menjaga kesehatan mata dan kulit kita. Tidak cukup itu saja Ternyata BETA CAROTENE juga bisa mengurangi resiko dari serangan dari beberapa jenis kanker. Luar biasa bukan. Nah contoh buh dan sayuran tersebut antara lain adalah Wortel, mangga, Labu. Ubi jalar, Dll.

MENGAMBIL MANFAAT DARI WARNANYA.....APA TUH.....? Baik bagi kesehatan kita.




KUNING
Buah dan sayuran dengan warna kuning hampir serupa dengan sarna jingga. Warna ini sangat penting bagi kesehatan mata karena vitamin A banyak terkandung di dalamnya. Buah dengan warna kuning juga mengandung vitamin C. Buah ini merupakan sumber CRYPTOXANTHINE. Yaitu anti oksidan yang sangat bermanfaat untuk melindungi tubuh kita dari kerusakan sel.
Kita dapat memperoleh asupan ini dari buah jeruk, Pepaya Kuning, Buah persik maupun nanas.

KUNING KEHIJAUAN
Kalau ingin menjaga kesehatan mata jangan ragu untuk mengkonsumsi sayuran dan Buah berwarna kuning, Jingga maupun hijau. Warna kuning dan hijau merupaka tanda jika buah atau sayuran mengandung  LUTEIN dan ZEA XANTIN. Kandungan ini banyak terdapat pada buah dan sayur seperti alpukat, jagung, mentimun(beserta kulitnya), buncis, kacang polong, cabai hijau, kiwi, melon Dll.

HIJAU
Sayuran dengan warna hijau mengandung zat yang sangat penting. Zat ini disebut ISOTHIOCYANATE. SULFORAPHONE dan INDOLE. zat-zai ini mampu merangsang enzim-enzim di lever (Hati) yang mampu melawan kanker. Beberapa diantaranya banyak terkandung dalam bayam, kangkung, daun singkong dan jenis daguran hijau lainya.

PUTIH.
Bawang putih merupakan salah satu yang punya ciri khas warna ini. Selain memberikan aroma pada masakan, baeang putih juga mengandung zat anti tumor. Zat itu disebut dengan ALLICIN. Selain bawang putih, masih banyak sayuran dengan warna putih kehijauan yang juga berkhasiat karena mengandung FLAVONOID. Yaitu zat yang melindungi sel dari kerusakan. Seperti yang terdapat pada taoge, asparagus, daun bawang, seledri, jamur lokio dan jenis sayuran lain yang berwarna serupa.

Wallahu a’lam ( والله أعلمُ)  “Dan Allah Yang Maha Mengetahui”.
Demikian segala kekurangan milik saya pribadi dan segala kesempurnaan hanya pada Allah subhanahu wa ta'ala. Semoga bermanfaat. 


Post a Comment for "MENGAMBIL MANFAAT DARI WARNANYA.....APA TUH.....? Baik bagi kesehatan kita."