Bagai mana menjaga kesehatan saat musim HUJAN tiba..???


Hallo sobat sehat apa kabar kalian semua. Sehat selalu bukan...???

Nah pembahasan kali ini adalah bagaimana cara agar tetap sehat meski Saat musim Hujan Tiba.
Beberapa wilayah di indonesia sudah Memasuki Musim penghujan, menggantikan musim panas yang kering dan berangin.
Pada saat musim peralihan ini Udara menjadi dingin basah dan berangin, kelembaban udara juga turut meningkat.



Pada saat musim penghujan udara atau suhu yang dingin, maka yang wajib harus di jaga adalah suhu badan kita agar tetap HANGAT dan PANAS.
Hal ini bertujuan  supaya dapat menolak atau menahan panthogen dingin dan angin dingin tidak masuk mengganggu keseimbangan tubuh l, dan menjadikan kita sakit (flu batuk ,masuk angin ,demam dsb).

Sumber panas dari tubuh kita ada di sekitar pusar hingga melingkar ke pinggang, jika sumber panas tubuh ini dingin atau terserang panthogen angin dingin dari udara maupun makanan dingin yg masuk kedalam, maka tidak bisa menghangatkan daerah yang terjauh seperti kepala (jadi mudah migren, sakit kepala dll), kaki tangan (jadi dingin), daerah kulit otot (jadi mudah masuk angin, rematik dll), Organ dalam juga menjadi melemah fungsinya jika suhu nya dingin atau suhu tubuh kita rendah.

Sebuah penelitian seorang dokter dengan anaknya yg juga dokter selama 30 tahun lamanya, menyatakan Suhu tubuh yang turun 1° Celcius maka Antibodi akan turun 30 %, sebaliknya Suhu badan naik 1° Celcius maka Antibodi akan naik 500-600 % ,Jadi penelitian modern maupun pengamatan orang-orang kuno dulu sama saja hasilnya, krn ini hukum sunatullah.

Pada musim dingin maka baju yg hangat (jaket) dan makanan minuman yang hangat menjadi pemandangan yg lazim adanya. Sehingga akan aneh jika masih ada yg menentang atau melanggar hukum sunatullah dengan menggunakan baju tipis atau terbuka dan makan makanan atau minuman yang dingin atau lembab pada musim hujan seperti ini, kecuali hanya sebagian kecil yg mungkin Alloh karuniakan tubuh yg besar energinya atau rutin berlatih latihan olah fisik atau olahraga teratur sehingga energinya besar dan tubuh nya hangat dan panas, namun hal ini tidak berlaku umum.



🥤Seyogyanya di musim penghujan dengan udara dingin seperti ini, kita mengurangi makan makanan atau minuman lembab dingin atau bahkan menghindarinya, seperti buah-buahan (jika masih bisa masuk makan jumlah kecil dan pilih yg kadar air sedikit dan tidak asam), sayur bening, aseman, air kelapa, susu kedelai, dll.
Karena makanan minuman lembab dingin sedikit banyak akan mempengaruhi dan menurunkan suhu tubuh kita.

🥣 Namun sebaiknya kita Perbanyak makan makanan yg berbumbu Rempah, atau sayur yg hangat seperti sop rempah, tumisan ,protein hewani ,cara masak yg bakar atau panggang dll. Minum air putih hangat atau sesekali yg berempah hangat (jahe ,sereh ,kapulaga ,kencur dll).

Untuk menjaga kesehatan secara umum ,Minum Herbal yang sifat nya hangat seperti habasauda', kayu manis, gingseng, dll
Dan jangan minum herba yg sifat nya dingin atau lembab seperti spirulina, klorofil, sambiloto, yg pahit asam, teh hijau dll.

Kemudian pada saat hendak keluar rumah atau perjalanan atau anak-anak yang habis mandi, Pakai minyak yang hangat seperti gandapura, cengkeh, kayu putih ,telon dll pada area disekitar pusar /perut ,leher dan jari-jari kaki dan tangan ,karena area-area tersebut adalah area tempat masuk nya panthogen angin.

Dan  jangan pakai minyak pepermint ,kalau minyak diminum seperti minyak habsauda, klentik (minyak kelapa dari santan yg dimasak hingga keluar minyak) dll dan jangan (atau sementara batasi) minyak vco, zaitun dll.

Ini berlaku umum secara garis besar, bukan pada kasus-kasus penyakit tertentu yang membutuhkan diagnosa untuk menentukan herbal apa yg tepat diminum untuk keluhan penyakit nya ,maka herbal yg bersifat dingin maupun hangat/panas bisa dikonsumsi sesuai sindrom nya masing-masing individu, meskipun sifat herbal nya tidak sesuai dengan kondisi cuaca saat itu ,Semoga dapat di pahami dengan baik.

No comments for "Bagai mana menjaga kesehatan saat musim HUJAN tiba..???"

Berlangganan via Email