Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Anda Sering Merasa Haus, terungkap apa Penyebabnya??


Haus merupakan kejadian yang wajar dan sering dialami apalagi jika kita selelai melakukan aktivitas berolah raga.
Rasa Haus juga dapat terjadi kala kita banyak mengkonsumsi makanan yang asin. Atau  bisa jadi karena banyak melakukan aktivitas di bawah belaian terik matahari. Jika haus seperti pada contoh kejadian diatas maka, biasanya akan reda setelah kita mengkonsumsi air putih.



Sudah merasa banyak minum air putih akan tetapi kita masih merasa kehausan.Contoh kasus diatas mungkin pernah dialami oleh sebagian dari kita.
Saat tubuh kita merasa haus pada dasarnya itu adalah merupakan sinyal pertanda bahwa tubuh kita Membutuhkan asupan asam amino.

 Pada dasarnya rasa haus itu pertanda bahwa tubuh butuh asupan asam amino. Kekurangan asam amino dalam tubuh kita lah yang menjadi penyebab kita merasa haus meskipun kita  sudah merasa banyak minum air.

Kadar air yang berlebih dalam daging hanya akan mempercepat kerusakan sel-sel jaringan, apalagi jika kadar air tersebut tidak segera dibuah kejadiannya mirip pada daging sapi gelonggongan.

Pada Binatang karnivora atau yang dikenal dengan hewan pemakan daging seperti Harimau, ular, kucing, burung elang, dll pada umumnya binatang itu hanya minum sedikit air.

Kenapa bisa demikian ???
Jawabannya : mereka binatang karnivora adalah binatang yang paking berkecukupan asam amino karena daging kita ketahui merupakan salah satu sumber asam amino.

Pada saat terkena sari awan, tenggorokan kita terasa kering dan bibir pecah-pecah maka kita akan merasa haus terus- menerus. Dalam kasus seperti ini tidak bisa diatasi dengan meminum vitamin c maupun pure water saja.

Akan tetapi hal tersebut baru ada perbaikan setelah adanya asupan asam amino yang cukup dalam tubuh kita.
Air bukanlah merupakan nutrisi karena hanyalah katalisator metabolisme.

Tubuh yang kelebihan nutrisi saja dianggap sampah oleh sistem metabolisme apalagi air (H2O) yang  sudah jelas-jelas bukan merupakan nutrisi.

Coba kita amati pada daging sapi. Daging sapi glonggongan dengan daging sapi yang tidak glonggongan. Hasilnya terlihat jelas bahwa daging sapi glonggongan pasti akan lebih mudah membusuk dibandingkan yang tidak.

Contoh kasus lain juga dapat kita amati pada tanaman dengan kadar air dalam tanah yang berlebih maka daun dari tanaman tersebut akan layu atau berguguran.

Diakhir artikel kali ini kita dapat mengambil kesimpulan dari uraian singkat diatas. Poin – poin penting dari tulisan kali ini yang dapat kita  serap antara lain adalah sebagai berikut :

- Nutrisilah yang sebenarnya kita butuhkan dalam tubuh kita, jadi bukanlah kuantitascair dalam jumlah yang banyak disaat kita merasa haus.

Minumlah pure water secukupnya dan tidak perlu berlebihan. Indikatornya adalah perhatikan saat buang air kecil. Jika urin berwarna kuning cerah maka berarti tubuh kita tidak mengalami gangguan dehidrasi. Hal sebaliknya jika urin pekat dan maka anda kurang minum atau sedang dalam keadaan dehidrasi.

Tidak akan orang meninggal karena sedikit minum air, akan tetapi tidak sedikit orang yang meninggak karena keracunan air.

Teori kesehatan modern saja yang mengajari minum pure water banyak-banyak. Cobalah tengok literatur yang berumur ratusan bahkan ribuan tahun.

Salah satu contohnya ada pada kasus asma. Penyakit Asma adalah kasus penyempitan saluran nafas dan saluran,  nafas tersebut hanya bisa mengembang jika tubuh kecukupan asam amino.

Asam amino merupakan semen protein yang proses metabolismenya terganggu saat kadar air dalam tubuh berlebihan baik pada fase anabolisme maupun fase katabolis.

Intinya minumlah saat haus dan jangan minum saat tidak haus karena memaksakan memasukkan air dalam tubuh hanya akan menjadi sampah saja bagi tubuh.

Pada saat tubuh dehidrasi dan hanya diatasi dengan cara minum pure water sebanyak-banyaknya, maka yang ada defisiensi asam amino dakam tubuh akan semakin tinggi.

 Apabila tubuh secara terus-menerus mengalami defisiensi asam amino dalam jangka panjang dapat  berpengaruh,  pada sistem anabolis kalsium. Hal yang umumnya ditandai dengan munculnya kasus asam urat.

Akhir tulisan kali ini adalah mari kita sama-sama saling berbagi kebaikan. Apa yang kita dengar, kita tau dan dirasa bermanfaat bagi orang lain silahkan dibagikan.

Terimakasih atas kunjungan sobat pada blog ini.


Post a Comment for "Kenapa Anda Sering Merasa Haus, terungkap apa Penyebabnya??"