Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Membuat Barcode Produk Tanpa Aplikasi

Sobat pasti pernah bukan memperhatikan sebuah kemasan saat membeli sebuah produk. Nah di sana kita akan mendapatkan semacam kode batang yang umumnya ada pada bagian belakan dari produk tersebut. Kode yang berbentuk garis-garis inilah yang dikenal dengan istilah Barcode. Ya memang Kode barcode sendiri mulai banyak di gunakan untuk pendataan suatu Produk.




Teknologi ini sekarang sudah mulai banyak dan cukup sering digunakan untuk usaha baik itu kalangan Industri yang sudah berskala besar maupun yang rumahan, guna menunjang usaha mereka.
Hanya modal perangkat sederhana seperti barcode scanner namun teknolodi ini mampu memberikan dampak dalam meningkatkan keakuratan, kecepatan dan pastinya lebih efisien dalam sebuah Bisnis.

Keuntungan jika menggunakan Barcode dalam sebuah Produk kita antara lain adalah sebagai Berikut :


2. Kecepatan

Penginputan data secara manual mampu menghabiskan waktu yang cukup lama dalam proses penyelesaiannya. Dan hal ini menjadi suatu permasalahan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Berbeda saat mulai menggunakan barcode, proses registrasi produk dapat diselesaikan dengan cepat. Banyak produk dapat diregistrasi dalam hitungan menit. Teknologi barcode dapat menghemat waktu anda dalam menyelesaikan pekerjaan, suatu hal yang baik bukan? Mengingat ada ungkapan “Time is money”.

3. Inventory Control

Karena setiap produk memiliki label barcode, maka hal ini juga dapat dimanfaatkan dalam Software Inventory untuk pengelolaan ketersedian barang. Contohnya untuk kegiatan digudang, semua produk yang masuk dan keluar dapat discan barcode sehingga dapat terdata dengan benar. Inventory dapat dianggap sebagai nyawa dalam sebuah bisnis sehingga data inventory harus benar-benar terdata dengan benar tanpa kesalahan apapun, pilihan untuk menggunakan barcode dalam proses mendata barang-barang yang masuk dan keluar adalah pilihan terbaik untu saat ini, tak perlu difikir dua kali.

4. User friendly

Saat mulai mengimplementasikan sebuah teknologi baru, hal yang perlu diperhatikan apakah anda atau pekerja anda dapat mengoperasikan teknologi tersebut atau tidak? Teknologi barcode sangat mudah untuk dioperasikan, sehinggan anda tidak perlu membuang biaya untuk training pekerja. Karena penggunaan dari teknologi ini sangat mudah. Biaya yang plotkan untuk training pekerja dapat anda alihkan pada hal lain untuk meningkat pelayanan terhadap pelanggan anda.

5. Biaya

Teknologi ini mengurangi kekhawatiran anda soal biaya, sebab untuk dapat menggunakan teknologi barcode ini tidak perlu menghabiskan dana yang cukup besar. Teknologi barcode sangat ramah dikantong, sehingga sangat mungkin untuk digunakan dalam bisnis anda. Bahkan bisnis skala kecil juga mampu menggunakan teknologi ini.

6. Mampu Meningkatkan Pelayanan

Pemanfaatan teknologi barcode lazim ditemukan pada kasir di swalayan, dengan memanfaatkan teknologi ini proses penghitungan jumlah yang harus dibayarkan oleh pelanggan anda akan lebih cepat dan akurat dibandingkan jika harus melakukan secara manual, hal ini juga mengurangi kemungkinan terjadinya kesalahan perhitungan. Selain itu juga akan mengurangi antrian pelanggan di meja kasir, sebagian pelanggan sangat merasa tidak nyaman jika harus mengantri terlalu lama di kasir. Kesimpulannya dengan mulai menggunakan sistem kasir berbasis barcode scan akan mampu meningkatkan pelayanan anda terhadap pelanggan.


Beikut kita Bahas Cara mudah Membuat Barcode tanpa Aplikasi :

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut ini :
1. Buka Browser sobat dan sebagai contoh saja adming menggunakan Google Chrome.


2. Setelah terbuka maka ketikkan alamat website :  : https://barcode.tec-it.com/en
dan nanti sobat akan di bawa ke halaman tampilan Google dengan tampilan seperti gambar di bawah ini .


3. Pada contoh tampilan diatas kita akan dihadapkan dengan beberapa kategori barcode mulai dari 
Linear Codes
Postal Codes
Gs1 Databar
Ean / Upc
2d Codes
Banking And Payment
Mobile Tagging
Healthcare Codes
Isbn Codes
Business Cards
Event Barcodes
Wi-fi Barcodes

4. Sebagai contoh saja kita pilih yang Ean / Upc sobat dapat lihat pada tampilan gambar di bawah ini yang sudah admin tandai dengan angka 1 (Satu)



5.  Selanjutnya sobat tinggal memasukkan angka atau nomor yang akan kita ubah ke dalam bentuk barcode pada gambar yang admin tandai dengan angka 2 diatas.

6. Jika sudah selesai maka sobat tinggal mendownload saja dengan menekan tombol download yang berada di sebelah paling kanan atau yang admin tandai dengan angka 3. Sebelum mendownload hasil dari barcode tadi pastikan file di atur dulu agar sesuai dengan keperluan. Bingung ? lihat gambar di  Bawah.


Pengaturan jenis file yang akan diwonload tadi bisa sobat lihat pada gambar gerigi di pojok kanan atas. Klik menu tersebut dan kita akan di hadapkan dengan beberapa file seperti gif, jpg, png maupun svg.

Saran admin pilih gambar svg  biar ga pecah dan download saja Bosku. Langkah sobat sampai disini kelar dan selesai.

Nah itulah cara mudah jika kita hendak membuat sebuah Barcode tanpa ribet dan tanpa aplikasi.
Sekian dulu cara yang dapat admin berikan dan share jika sobat suka dengan postingan kami.

By salam hangant admin.

Post a Comment for "Cara Mudah Membuat Barcode Produk Tanpa Aplikasi"

Berlangganan via Email