Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jenis sticker yang sering kita temui di percetakan digital printing

​Didalam dunia percetakan digital printing banyak sekali bermacam - macam jenis bahan yang digunakan sebagai media cetak.



Aneka bahan yang sering digunakan untuk keperluan digital printing diantaranya kertas, sticker,  flexi atau bahan spanduk,  Albatros,  dan masih banyak lagi yang lainya. 

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang sticker. 
Sticker memang salah satu yang sering kita jumpai di sekitar kita. 
Dalam penggunaanya sendiri sticker ini sangat beraneka ragam, tergantung dari keperluan si pemesan atau pelanggan. 

Pertama adalah jenis sticker berbahan dasar kertas. Sticker berbahan dasar kertas yang umum di gunakan pada percetakan digital printing adalah jenis sticker hvs dan sticker cromo.  Sticker jenis hvs mempunyai permukaan yang kurang lebih mirip seperti kertas hvs hanya saja di sticker hvs ini terdapat perekat yang berfungsi untuk merekatkan sticker pada media lain. 

Selain sticker hvs sticker berbahan kertas lainya adalah sticker cromo.  Sticker cromo secara garis besarnya hampir sama dengan sticker hvs,  hanya saja pada sticker jenis ini mempunyai permukaan yang lebih mengkilap tidak seperti halnya pada sticker hvs. Dari segi harganya pun kedua jenis sticker ini boleh dibilang cukup murah. 

Penggunaan kedua jenis sticker ini sering digunakan sebagai label makanan ringan,  label produk, logo-logo komunitas,  dan masih banyak lagi. 

Adapun kelemahan jenis sticker berbahan kertas ini adalah kurang tahan terhadap air dan mudah sobek.  Namun jika anda menginginkan sticker ini lebih awet tahan lama anda dapat menambahkan laminasi pada stickernya.  Lapisan Laminasi pada sticker ini bertujuan untuk melindungi sticker agar tinta yang melekat pada sticker maupun bahan sticker itu sendiri lebih tahan lama. 

Kedua, Jenis sticker selanjutnya adalah sticker vinyl.  Sticker jenis ini juga sangat banyak kita jumpai pada percetakan digital printing.  Tidak seperti jenis sticker cromo dan sticker hvs,  sticker vinyl memiliki sifat seperti plastik.  

Dari segi ketahanan tentu saja sticker vinyl lebih mumpuni ketimbang jenis sticker di hvs / cromo. Sticker ini juga sangat cocok digunakan sebagai label produk,  label makanan,  maupun logo-logo komunitas yang sering kita jumpai.

Untuk harga sticker vinil tentu tidak sama dengan jenis sticker hvs. Hanya saja jika anda menginginkan hasil yang lebih baik tak ada salahnya jika anda menggunakan jenis sticker ini. 

Kesimpulannya adalah :
Perhatikan Pemilihan jenis sticker yang akan anda pesan.  Sesuaikan dengan budget dan juga pertimbangan lain. 





Post a Comment for "Jenis sticker yang sering kita temui di percetakan digital printing"