Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Belum pada tau ya fitur NFC pada handphone kamu bisa buat apa saja, Simak penjelasannya??

Akhir - akhir ini sering kita jumpai iklan yang mengedepankan fitur NFC ini.  Banyak mungkin pembaca yang belum memahami tentang apa saja kegunaan dari fitur canggih yang satu ini. Sebenarnya apa sih kegunaan fitur NFC ini??? 

Sumber : bukalapak

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas apa sih NFC itu dan buat apa sebenarnya fitur NFC ini. 
Belakangan ini semakin majunya teknologi di dunia gadget semakin berkembang pesat dengan bertambahnya fitur - fitur baru yang semakin memanjakan para pengguna gadget itu sendiri. Penggunaan fitur NFC ini juga semakin marak kita temui pada beberapa smartphone keluaran terbaru. 

NFC ( Near-field communication) adalah satu jenis konektivitas selain WI-FI dan bluetooth.  Jauh sebelum NFC fitur konektivitas  bluetooth dan Wi-Fi sudah sangat populer dan banyak dipakai pada berbagai macam gadget. 
Fitur Near-Fiel communication dianggap mampu  mendukung konektivitas yang lebih praktis dalam penggunaanya. 
Jadi fitur NFC ini memungkinkan smartphone kita untuk menciptakan komunikasi antar dia perangkat dengan menyinggungkan atau berdekatan ( jaraknya beberapa sentimeter).
Berarti sama aja dong dengan bluetooth Kalau begitu... ??? Sabar akan kita bahas....jangan di Klose dulu gan !!! Lanjut baca dulu.. 
Perbedaan yang mendasar dari konektivitas bluetooth dan NFC adalah pada jangkauan berkomunikasi. 
NFC bisa berfungsi pada jarak yang tidak lebih jauh dari konektivitas bluetooth. 
Kisaran jaraknya kurang lebih 10 cm tidak sama dengan bluetooth yang bisa mencapai jarak 10 meter masih dapat berfungsi. 
Hanya saja kemampuan berkomunikasi pada NFC memiliki keunggulan di bandingkan pada bluetooth.  NFC memiliki kemampuan berkomunikasi tanpa pairing tidak seperti halnya pada bluetooth. NFC juga menguras saya baterai lebih sedikit ketimbang pada konektivitas bluetooth. 
Berikut adalah beberapa kegunaan NFC yang dapat di lakukan pada smartphone anda :
1. Saling berbagi data sesama pengguna android. 


Sedang bersua dengan kerabat atau sedang melakukan kegiatan lainya seperti berselfie ria anda dapat berbagi kiriman foto hanya dengan menempelkan bagian belakang smartphone anda. Memang sekilas penggunaan ini mirip dengan infrared hanya saya NFC tidak memerlukan pairing ulang.  Jadi pengiriman data anda akan lebih cepat dan lebih mudah.  
Tidak hanya foto saja tetapi pengiriman data lainya seperti info kontak,  halaman situs,  video ataupun data lainya juga dapat dilakukan dengan fitur Ini. 

2. NFC dapat digunakan untuk memindahkan data dan pengaturan tanpa ribet. 
Selain tida punya duit mungkin salah satu alasan yang membuat anda malas berganti smartphone mungkin saja karena anda akan kesulitan memindahkan beberapa data pada handphone baru anda. 
Dengan fitur NFC hal itu bisa anda lakukan dengan mudah.  Pada android Lollipop anda dapat memanfaatkan tap & Go untuk memindahkan data lama ke handphone baru anda.  Mulai dari Aplikasi dan seluruh konten Google anda dapat dipindahkan tanpa harus instal ulang lagi.  Jadi g usah khawatir kehabisan paket kuota lagi rekomendasi buat yang pelit sama kuota nih.. Wkwkwkw

3. Melakukan tethering Jaringan WIFI,  masih rekomendasi buat yang suka ngirit paketan.

gambar pixabay
Kadang sulit untuk menghafal kata sandi WIFI yang panjang saat melakukan tethering,  tenang dengan memanfaatkan fitur tag NFC anda dapat dengan mudah melakukan tethering,  karena tag NFC dapat diprogram dan dimanfaatkan sebagai jaringan WIFI.  Anda hanya perlu memastikan bahwa smartphone anda sudah memiliki aplikasi NFC yang dapat diunduh gratis.  Jadi penggunaan teknologi NFC ini aman dan sangatlah praktis karena anda tidak perlu menggunakan kata sandi untuk bisa mengakses WIFI. 

4. Fitur NFC dapat digunakan untuk melakukan pembayaran uang virtual dengan mudah. 



Bagi anda yang sudah terbiasa melakukan pembayaran cashless alias pembayaran tanpa uang tunai, anda dapat memanfaatkan fitur NFC ini untuk menyimpan informasi kartu kredit di google wallet. Meskipun penggunaan wallet sendiri masih jarang di negara Indonesia. Hal yang sudah banyak dilakukan di Indonesia dengan memanfaatkan NFC ini adalah mengisi
Ulang cashless money melalui aplikasi. 
Provider seperti Telkomsel sendiri sudah menggunakan fitur NFC ini untuk melakukan pembayaran cashless. 

Kesimpulan :
Sekarang sudah tidak bingung lagi kan bagi yang sudah mempunyai smartphone yang dilengkapi dengan fitur NFC ini. Silahkan dapat dicoba dan di gunakan sebaik baiknya.  

Bagi kalian yang belum punya handphone dengan fitur NFC ini atau bahkan kalian kepengen mencari handphone incaran kalian silahkan sobat dapat mencari pada kolom pencarian dibawah ini :




Atau sobat dapat melihat beberapa spesifikasi handphone di toko online bukalapak dibawah ini :

Post a Comment for "Belum pada tau ya fitur NFC pada handphone kamu bisa buat apa saja, Simak penjelasannya?? "