Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

AJAIB!!? TERNYATA kelahiran secara normal membuat buah hati sehat dan kuat


Info trik sehat kali ini akan berbagi  info yang berhubungan dengan buah hati.

Siapa yang tidak bahagia tatkala mengetahui bahwa si calon dedek akan terlahir didunia.

Kebahagian serta Rasa Syukur Kepada Allah atas semua berkah dan Rahmatnya itu.

Bicara soal menunggu proses persalinan memang banyak yang meski di persiapkan.

Tapi tahukah sobat pembaca bahwa ternyata persalinan secara normal terbukti mampu meningkatkan kekebalan bayi yang baru lahir.

Para ahli kesehatan yang berpendapat bahwa proses melahirkan mempunyai peranan bagi kesehatan bayi dimasa datang.



Pada saat poses persalinan secara nirmal bayi dapat terkontaminasi oleh bakteri baik yang berguna untik meningkatkan imunitas tubuh bayi.

Dalam beberapa penelitian terdapat adanya perbedaan pada komposisi mikroba saluran cerna pada bayi yang dilahirkan melalui proses sesar, dengan bayi yang dilahirkan secara normal.

Kehadiran bakteri yang bermanfaat ini penting untuk si kecil karena memberikan peranan besar dalam pematangan sistem daya tahan tubuh, terutama dalam membentuk toleransi oral dan mengurangi risiko alergi.

Adon Hestiandoro menjelaskan selama proses persalinan secara normal berlangsung akan terjadi transfer bakteri dari Vagina dan usus Ibu kedalam usus bayi. Beliau Adon Hestiantoro adalah Dokter dari Departemen Obstetri dan Ginekologi Fakuktas Kedokteran Universitas Indonesia.

Proses tersebut akan meningkatkan koloni bakteri dalam usus bayi dan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan atau ketahanan tubuh sikecil  yang baru lahir.

Manfaat secara alami lainnya dalam proses persalinan secara normal juga dapat melindungi bayi yang baru lahir dari infeksi bakteri yang berbahaya, dapat membantu proses pencernaan, membantu menghasilkan vitamin yang diperlukan, hali ini berarti kehadiran bakteri tersebut merupakan perlindungan secara alami bagi bayi yang baru lahir. Adalah hal berbeda dengan persalinan bayi secara sesar karena dengan proses persalinan bedah ini,  maka proses tersebut tidak ada.

Hal lain yang perlu kita ketahui dan sangat penting lainnya juga terdapatnya 500an jenis mikroba baik yang umumnya terdapat dalam usus bayi, antara lain laktobasikus, laktobasilus, klostridium, fusabakterium, dan bifidobakterium.  Hal sebaliknya jika proses persalinan metode sesar karena dilakukan dengan lingkungan yang sterik maka proses transfer tersebut tentunya tidak terjadi.

Para ilmuwan juga mencatat, bahwa susunan bakteri di dalam usus bayi menjadi kurang beragam saat proses kelahiran buah hati lewat operasi sesar.

Hal senada juga diungkapkan Dr. Annette Fineberg. Beliau mengatakan, salah satu bakteri yang mengalami penurunan adalah Bifidobacterium longum, terutama subspesies infantis, atau lebih dikenal dengan B. infantis ,B.

Infantis sendiri sejatinya merupakan probiotik yang sangat penting dan sering ditemukan dakam saluran gastrointestinal atau saluran pencernaan pada manusia.

Bakteri yang umumnya banyak ditemukan di usus besar ini memengaruhi sistem imun.

Bayi yang dilahirkan secara normal biasanya terkena B. infantis pada saat melewati usus dan membuat si bayi bersentuhan dengan feses.

Kesimpukan :
Fisiologi dasar tentang bagaimana bayi saat dilahirkan berkaitan dengan mendapatkan bakteri yang bermanfaat bagi kesehatan si kecil.
Sebagian besar bayi dilahirkan dengan wajah menghadap ke bawah, hal itu memungkinkan supaya bayi dapat mengenai bakteri di rektum ,Proses secara alamiah ini yang disinyalir akan memberikan dampak yang luar biasa bagi kesehatan bayi setelah lahir.

Saat bayi dilahirkan dengan proses normal, maka akan semakin banyak bakteri B. infantis yang berguna sebagai imun atau sistem kekebalan tubuh dan berbagai bakteri sehat tentu saja akan diwariskan ibu ke anaknya.

Wallahu a'lam
Hanya Allah yang lebih tahu.  Tulisan ini semata mata hanya untuk berbagi manfaat kepada semua sahabat.

Setidaknya Rahasia Allah, baik kita tahu maupun hanya Allas saja yang tahu,  Percayalah Bahwa sesungguhnya segala sesuatu adalah pelajaran bagi kita semua akan tanda-tanda kebesaran Allah SWT semata.
Tidak akan ada yang sia-sia atas semua Ciptaan-Nya.

Terimaksih atas kunjungan sobat dan semoga bermanfaat.

Dirangkun dengan berbagai sumber.



Post a Comment for "AJAIB!!? TERNYATA kelahiran secara normal membuat buah hati sehat dan kuat"