Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cek disini Penyebab Kebotakan Rambut Anda Bisa jadi Inilah Penyebabnya??

Anda yang belum tahu? Ini dia penyebab RAMBUT RONTOK.

Salam sehat selalu ya sobat semua kita ketemu lagi di info trik sehat. Pada tulisan kali ini kita akan membagikan penyebab-penyebab apa saja yang membuat rambut rontok. Namun sebelum baca mari kita bersama - sama salin mendoakan agar kita senantiasa dalam lindungan Allah SWT.

Sudah seperti yang kita ketahui bersama bahwa tubuh manusia merupakan satu kesatuan yang utuh dan tidak dapat dipisahkan.

Hal ini pulalah yang terjadi ketika pada saat tubuh kita sakit atau mengalami kelainan lokal maka dapat berpengaruh kepada bagian tubuh yang lain secara keseluruhan.

Begitu juga dengan perubahan patologi yang terjadi di organ visera sebut saja, hal ini dapat tercermin di panca indera ,anggota gerak maupun permukaan pada  tubuh kita.

Akan tetapi berbeda dengan ilmu kedokteran konvensional Barat.

Ilmu kedokteran konvensional barat menegakkan diagnosa berdasarkan hasil pemeriksaan dengan peralatan yang serba modern.

Mungkin ini penyebab rambut rontok


Dalam pengobatan TCM diagnosa terutama ditegakkan berdasarkan pemeriksaan secara sederhana .

Hal ini sangat membutuhkan kejelian dan juga pengalaman dalam pemeriksaan pemeriksaan.

Metode pemeriksaan terdiri dari Inspeksi / pengamatan , mendengarkan dan mencium (suara dan aroma yang muncul dari pasien) ,anamnesa & pemeriksaan nadi.

Salah satu metode mendiagnosa yang diamati dari pasien adalah pengamatan rambut.

Pengamatan rambut  meliputi kilauan dan bentuk luar, pertumbuhan , ataupun kerontokan rambut.

Kilauan dan bentuk luar pada rambut ?

Hampir rata-rata pendusuk Asia berambut hitam, lebat dan berkilau.
 Keadaan tersebut menandakan _jing_  ginjal sufisien (jing =materi dasar tubuh, yang tersimpan dalam ginjal dalam keadaan cukup), juga menunjukkan Qi (energi) dan darahpun cukup.

Sehingga penilaian untuk rambut bangsa asia yang kekuningan ,kering ,tipis lunak, rapuh mengindikasikan jing-ginjal insufisien (tidak cukup) ,juga kegagalan qi/energi dan darah kurang mampu dalam memberikan nutrisi pada rambut.

Sedangkan pada anak-anak rambut kekuningan, kusam kering yang berjumbai, dikenal sebagai tanda malnutrisi, dan muncul akibat limpa lambung kekurangan asupan nutrisi.

Rambut Rontok ?

Rambut yang jarang, kekuningan dan kering umumnya akibat insufisiensi jing-ginjal atau defisiensi (kelemahan) energi dan kurang darah, sehingga gagal menghidupi/ menutrisi rambut.
Akibat hal ini akhirnya terjadi kerontokan mendadak pada seluruh kepala atau pada sebagian tempat saja.

Biasanya keadaan ini sering dijumpai pada penderita pasca sakit berat - penyakit kronis.

Ibarat tanaman atau pohon yang tanahnya kekurangan air dan unsur hara, akibatnya tanah menjadi kering dan daun nya rontok atau berguguran.


Namun sebaliknya pada beberapa pasien didapati rambut hitam dan terlihat sehat akan tetapi mengalami kerontokan mendadak.
Tanpa sebab musabab yang diketahui. Hal semacam ini dapat disebabkan oleh pola makan yang banyak mengandung unsur air.

Seperti terlalu banyak meminum melebihi yang di anjuran, banyak konsumsi buah-buahan ber- air, terlalu sering minum jus, banyak konsumsi lalapan dan sayuran secara berlebihan, dll.
Hal semacam ini diibaratkan pohon atau tanaman (pohon secara umum) yang jika terlalu banyak air yang tergenang akan mengakibatkan akarnya membusuk dan daun nya berguguran/ rontok.


Kebotakan
Kebotakan berbentuk bulat elips yang timbul secara tiba-tiba, dikenal sebagai alopecia areata dan disebabkan oleh defisiensi darah ataupun serangan angin.

Hal ini dapat ditimbulkan oleh kecemasan dan ketakutan yang berlebihan sehingga energi tersumbat dan menyebabkan darah panas hingga terbentuk angin internal.

Sedangkan rambut berminyak yang dibarengi kebotakan di puncak kepala ,pruritus dan desquamasi, biasanya terjadi akibat akumulasi internal lembab-panas pada tubuh.

Itulah beberapa hal yang mungkin banyak sobat bertanya -tanya tentang kebotakan.

Terimakasih atas kunjungan sobat dan semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cek disini Penyebab Kebotakan Rambut Anda Bisa jadi Inilah Penyebabnya?? "