Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik sehat hilangkan Stress cara ini dipercaya banyak orang, sejak zaman dahulu.....


Pada tulisan kali ini Trik Info Sehat kembali berbagi tentang bagaimana cara termudah menghilangkan stress yang kerap  melanda diri kita.

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan kali ini, tidak ada salahnya kita sedikit mengingat tentang apa itu stress. Biar sobat tidak lupa dengan definisi stress mari simak penjelasannya.
Stress merupakan salah satu gangguan mental yang dapat menimpa siapa saja. 
Stress itu sendiri dapat muncul karena di akibatkan oleh banyak tekanan yang menyerbu diri kita.




Kegagalan individu dalam memenuhi ambisi kebutuhan maupun keinginan diri menjadi salah satu penyebab stress datang menimpa diri seseorang tersebut. Tekanan ini dapat di sebabkan dari dalam diri anda sendiri maupun dari pihak luar.

Stress sendiri sebenarnya tidak melulu berakibat buruk, meskipun biasanya stress ini sering diasunsikan dalam konteks yang negatif. Karena stress juga sebenarnya memiliki nilai positif yang mampu menjadi peluang saat bicara tentang sebuah hasil.

Dalam beberapa konteks, banyak diantara mereka yang profesional dalam hal pekerjaan memandang stress ini justru mampu menaikkan kualitas pekerjaan mereka. 

Tekanan pekerjaan yang berat dengan tenggang waktu yang mepet, justru akan menjadikan bertambahnya kualitas diri mereja dalam pekerjaan dan situasi tekanan yang sedang mereka hadapi. Adanya kepuasan tersendiri kala mereka mampu menyelesaikan dan memenuhi tenggang waktu yang begitu singkat. Jadi stress ini sebenarnya dapat berdampak positif dan negatif dalam beberapa konteksnya. Uraian diatas adalah salah satu contohnya.

Para peneliti berpendapat tentang stress ini. Stress jenis tantangan dilingkungan pekerjaan, beroperasi sangatlah berbeda dengan halnya stress akibat hambatan atau stress akibat terhalangnya sesuatu untuk menggapai tujuan pada diri seseorang.
Bukti penelitian menunjukkan bahwa stres akibat tantangan mempunyai implikasi yang lebih sedikit dari segi efek negatif yang ditimbulkan akibat stress jenis ini.

Beberapa ahli mendefinisikan gangguan stress ini adalah sebagai berikut : 

- Stress merupakan respon non Spesifik dari tubuh di setiap tuntutan, poin ini sedikit banyak sudah kita singgung pada pembeberan diatas.

- Selanjutnya  definisi  dari stress  berikutnya adalah keadaan  dimana  seseorang  seseorang merasa tertekan scara psikis  tatkala  seseorang tersebut  gagal atau  tidak berhasil  mencapai sebuah tujuan karena adanya halangan  maupun batasan  pada  diri  seseorang.  Adanya ketidak seimbangan  antara  tuntutan psikis dan  fisik  dalam  kemampuan  untuk memenuhinya,  akibat kegagalan itulah maka stress  ini dapat timbul  pada diri seseorang,  dampaknya  dapat berakibat krusial  tergantung  seseorang yang  menerimanya sejauh mana.

- Stress juga  merupakan sebuah tanggapan psikis maupun fisik   terhadap sesuatu  kejadian di lingkungannya   akibat  perasaan   yang kurang nyaman ataupu karena merasa terancam pada lingkungannya tersebut.




Itulah penjabaran stress semoga dapat bermanfaat bagi kita semua yang belum paham dengan apa itu stress.

Artikel selanjutnya adalah cara  maupun apa saja hal yang meski kita lakukan jikalau stress itu sedang menimpa atau mengganggu perasaan diri kita.

Selanjut adalah Tips Mudah bebas stress.

Apabila salah satu dari kita maupun orang-orang terdekat kira sedang mengalami kondisi stress ini, Tulisan berikut ini adalah beberapa tips yang semoga dapat membantu meringankan,  mengurangi,  mengendalikan atau mengontrol bahkan menghilangkan  stress saat  dalam kondisi tersebut :

1. Adopsi Pola Makan yang teratur dan sehat di imbangi dengan GIZI yang baik. Kurangi atau hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung kafein, minuman beralkohol, kurangi juga menyatap lemat dan gula secara berlebih. 




Selalu perbanyak konsumsi sayuran dan buah serta minumlah air putih lebih banyak.  Jika dirasa semua hal diatas belum sempurna tambahkan mengkonsumsi multivitamin maupun antioksidan guna menyempurnakan asupan gizi pada tubuh kita.

2. Menjaga kualitas tidur agar tubuh beristirahat dengan cukup.

Setiap manusia pasti butuh istirahat. Istirahat yang cukup terbukti mampu merefresh tubuh akibat lelah dari aktivitas-aktivitas yang super padat.

Tidur siang singkat di sela-sela kesibukan atau juga tidur malam yang cukup guna mengembalikan stamina yang habis terkuras kala aktivitas padat dalam pekerjaan.
Selain itu istirahat yang cukup juga sangat baik dalam mengurangi bahkan menghilangkan stress.

Hal sebaliknya jika istirahat anda kurang maka stress akan mudah menyerang, mudah marah akibat raca capek dan lelah dalam diri anda.

Dampak buruknya sudah pasti dapat ditebak : produktivitas kerja berkurang, kualitas kerja terganggu, hasil yang didapatpun akan mejadi tidak maksimal. Hal ini juga dapat memicu karir dan juga hubungan baik dengan orang lain tentu saja.

3. Kuasai trik mengatur Waktu agar Pekerjaan menjadi lebih optimal.

Sering gagalnya kita dalam mengatur waktu manjadi salah satu pemicu terjadinya stress dalam diri kita. Kita sering dikejar pekerjaan yang harus diselesaikan dengan cepat, kecenderungan perasaan panik dan tidak sabar.



Ilustrasi gambar : pixabay.com

Dengan belajar mengatur waktu, 
Stres sering terjadi karena kita selalu dikejar oleh waktu, hasilnya adalah rasa panik dan cenderung tidak sabar. Dengan belajar mengatur waktu maka dapat meredakan potensi stress yang menyerang kita. Hasil kerjanya pun juga akan maksimal dan lebih teroganisasi jika kita sudah pandai dalam hal mengatur waktu. Bikin buku catatan atau agenda kerja sederhana yang dapat anda bikin melalui smarphone anda. Setidaknya cara simpel ini dapat mengurangi stress berlebih dalam menghadapi deathline pekerjaan anda.

4. Olahraga yang dilakukan secara teratur.

Melakukan kegiatan berolahraga secara teratur dan benar juga menjadi salah satu penghilang stress dakam diri kita.  Umumnya rasa stress terbentuk akibat ketidakberdayaan kita mengatasi, menghadapi ataupun menguasai masalah yang ada. Latihan pernafasan, aerobik maupun olahraga lainya dapat mengatasi ketidakberdayaan tubuh kita dalam memecahkan masalah yang timbul.  Aktivitas solahraga secara baik dan teratur akan melatih tubuh kita baik fisik mauoun mental guna memecahkan masalah yang ada. Jika tubuh kita sehat maka fikiranpun akan kebih rileks dan tentu saja tubuh kita mampu melakukan segala aktifitas dengan lebih baik pula.




Aktivitas olahraga dengan baik dan rutin  juga menimbulkan rasa puas atas keberhasilan kita mengalahkan diri kita sendiri dari rasa malas. Rasa puas ini akan terbentuk  produksi hormon endorfin sesudah latihan. Hormon endorfin tersebut adalah hormon yang sama yang diproduksi dalam  tubuh kita apabila merasakan sensasi kenikmatan ataupun kepuasan yang tinggi. Efek secara  langsungnya adalah perasaan terhadap diri sendiri akan menjadi lebih baik  (greater sense of well-being) dan relaksasi tubuh.

5. Pelajari dan Kuasai dengan baik Teknik Relaksasi.

Mengikuti kelas mapun latihan yoga, melakukan meditasi atau bahkan hanya sekadar menarik nafas dalam-dalam beberapa kali dalam sehari ternyata mampu memberikan dampak yang sangat besar bagi penurunan stres dalam tubuh kita. Pastikan bebas dari segala polusi udara baik dari asap rokok, asap kendaraan, virus  maupun bakteri pada udara yang anda hirup. Asupan oksigen yang lancar ke dalam diri juga dapat menjadi salahsatu penghilang rasa stress yang membombardir diri kita.

6. Ungkapkan Perasaan Anda kepada yang dapat anda percaya.

Membagikan perasaan hati kita seperti uneg-uneg baik kegundahan,  kegalauan hati dengan rekan yang kita yang dapat  dipercaya sebagai teman dan sahabat adalah sebuah cara yang positif dan terhormat untuk mengendalikan stres berlebih  yang anda rasakan. 

Solusi - solusi maupun masukan dari teman anda juga dapat menjadi salah satu obat pengurang stress anda.  Beberapa masukan dari teman juga dapat membantu, saat kita tidak bisa menghadapi rasa stress dalam memecahkan solusi sendiri.


7. Belajarlah Menerima kenyataan sesuai  Apa Adanya.. ?? Why..

Belajar menerima kenyataab hidup juga menjadi salah satu obat mujarab menghikangkan rasa stress akibat tekanan masalah yang sulit kuta pecahkan. Ingat bahwa setiap manusia punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Belajar untuk tidak egois dan mengakui diri bahwa pada kenyataanya kemamouan manusia tetaplah terbatas dalam mengerjakan segala sesuatu.
Belajar pula untuk dapat menolak permintaan ataupun janji yang sekiranya  tidak ingin kita penuhi atau kuta tidak mampu untuk memenuhinya. Sadar maupun tidak sadar bahwa banyak hal ini yang terjadi yang di luar kendali diri kita.

Dengan belajar menerima kenyataan itu, kita akan terkejut dengan betapa banyaknya beban yang seharusnya tidak perlu ada, dan tidak perlu untuk menaruh beban dalam pundak kita.

Selalu belajar untuk membangun Sikap dan Pola Pikir yang Positif dalam diri kita.

7. Selalu Bersikap positif dan optimis.

Menumbuhkan fikiran positif dan optimis paling tidak akan sangat membantu kita dalam mengusir rasa was-was yang sebenarnya tidak kita perlukan dan bahkan harus di buang jauh-jauh.
Membangun Pola pikir kita secara positif ini juga akan menjadikan kita lebih mudah membuat kita mampu berinteraksi dengan khalayak banyak. 

Secara tidak langsung Pancaran energi positif dari dalam diri kita ini juga sebenarnya pasti akan dirasakan oleh orang lain disekitar anda. 

"What goes around, comes around" Dengan menjadi orang yang berpikiran, bertutur-kata, dan berperilaku positif, tentunya kita akan menerima hal-hal positif pula.

Demikian lah beberapa cara sederhana dalam menghadapi stress saat stress itu menggangu diri kita.

Sampaikan dan juga sebarkan apa-apa yang bermanfaat bagi orang lain. 

Mulai sekarang hidup sehat ya gaes...


Post a Comment for "Trik sehat hilangkan Stress cara ini dipercaya banyak orang, sejak zaman dahulu....."