Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Seperti Apa Manfaat Website Pada Era Revolusi Industri 4.0

Apa saja sih manfaat Website di era 4.0 itulah sedikit gambaran tentang pembahasan kita pada kesempatan kali ini.



Revolusi Industri sejatinya sudah dimulai sejak abad ke-18 lalu,  Era Revolusi Industri ini dimulai ketika tenaga Manusia mulai digantikan oleh mesin uap.

Di Era sekarang ini kita sudah berada pada zaman revolusi Industri 4.0. Era Industri 4.0, Hal ini di tandai dengan hadirnya kecerdasan buatan atau dalam bahasa kerennya artificial Intellegence, Komputasi awan / Colud computing dan kata kunci utama adalah "digitalisasi". 

Salah satu wadah yang sering kita jumpai di berbagai instansi, oranisasi atau individu untuk mendigitalisasi berbagai hal adalah website seperti yang kita kenal sekarang ini.

Sekarang apa sih yang dimaksud dengan Revolusi Industri 4.0 dan apa manfaat website pada era industri 4.0 ini???


Apa sih Revolusi Industri 4.0..??? 
Istilah yang satu ini mungkin sobat penah dengar. Tapi tau ga sih apa yang di maksud dengan Industri 4.0 itu..? 
Industri 4.0 adalah Merupakan perkembangan teknologi Industri yang sudah merambah ke dunia Digital, bahkan pertukaran Informasi hingga perdagangan saat ini bisa dilakukan secara digital melalui Internet. 

Pengertian sederhananya digitalisasi adalah merupakan kunci Utama utama dari Revolusi Industri 4.0. Mulai dari digitalisasi Jaringan, Digitalisasi Produk & Jasa, hingga akaes dengan pelanggan. 

Saat ini memang hampir seluruh aktivitas manusia tidak lepas dari melibatkan hal-hal berbau digital. 

Misalnya saja memesan kamar hotel, memesan makanan, pembayaran via dompet digital, membeli tiket kereta api, tiket pesawat, berobat melalui aplikasi termasuk dalam berbisnis. 

Terlebih setelah kita dihadapkan dengan pancemi COVID 19 yang mulai menjalar sampai di Indonesia beberapa waktu lalu, hampir sebagian besar sektor bisnis terkena dampaknya.

Terlebih bisnis- bisnis kecil yang lebih mengandalkan konvensional mereka mengalami kerugian yang jumlahnya tidak sedikit. Alhasil usaha yang dirintis selama ini runtuh di gempur wabah. 

Tapi sebenarnya ini merupakan monent yang tepat bagi kita semua untuk meraih sukses dari rumah, bisa kita mulai dari mengetahui fungsi Web di ERA REVOLUSI Industri 4.0 supaya kita bisa lebih memaksimalkan teknologi yang ada untuk mengembangkan Website kita. 

Manfaat Website dalam Era Revolusi Industri 4.0.

Tidak dapat dihindarkan lagi jika website merupakan salah satu media yang bisa kita andalkan dalam menyesuaikan diri pada era Industri 4.0. 

Mahasiswa, marketer, pengurus suatu organisasi dan pemilik bisnis website adalah hal yang penting saat ini. Berikut adalah beberapa ulasan tentang manfaat yang dapat kita peroleh jika menggunakan WEBSITE. 

1. Dapat meningkatkan KREDIBILITAS.

Kredibilitas tidak hanya berlaku dalam dunia Profesional saja, akan tetapi kita membutuhkan kredibilitas guna menjangkau lebih banyak target sesuai dengan tujuan. 

Jika kita adalah pembuka dalam bisnis, website sangat berguna dalam menyakinkan calon pelanggan kita, supaya lebih yakin dan tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Jika kita adalah seorang Mahasiswa, website bisa kita gunakan dalam membangun Citra diri di mata orang lain.

2. Website dapat digunakan untuk memperkenalkan BRAND sekaligus sarana publikasi resmi.

Tujuan dari website yang kita bangun adalah agar orang lain mendapatkan awareness terkai keberadaanmu di internet.

Terlebih jika kita mengandalkan website untuk berjualan, tentu saja kita menginginkan jika target pasar kita tahu dengan brand yang kita punya.

3. Punya katalog penjualan produk atau jasa, transaksi nonstop. 

Manfaat penting selanjutnya jika kita mempunyai sebuah website untuk berjualan adalah untuk media promosi produk atau membangun brand images.

Hal ini akan mempermudah calon pelanggan kita dan mereka dapat melakukan pembelian pada website kita.

Jangan lupa untuk memajang semua produk yang akan kita tawarkan kepada calon konsumen. Produk yang kita pajang dalam web ini juga merupakan sebuah katalog yang sangat baik.

Kita dapat memberikan deskripsi tentang produk yang kita tawarkan mulai dari harga, warna, spesifikasi bahan, garansi maupun keunggulan-keunggulan lain dalam website kita.

Dengan begitu makan website dapat kita jadikan sebagai katalog online yang dapat berkerja setiap waktu, tanpa henti. Selain itu, keuntungan lain yang dapat kita peroleh adalah jangkauan yang lebih luas dan memiliki target audiens yang lebih spesifik.

Konsumen akan mencari apa yang benar-benar mereka butuhkan dan diharapkan website kita dapat menjadi jawaban atas apa yang sedang mereka cari atau mereka butuhkan. Perlu di ingat juga bahwa keuntungan lain juga bisa kita dapatkan adalah dari  segi jangkauan. Pastinya jangkauan sebuah website akan lebih luas dan lebih menyeluruh dalam mengambil pangsa pasar. Apa lagi jika sobat juga melakukAn pengiriman jarak jauh pasti akan lebih sempurna lagi.

4. Sebagai portofolio hasil karya.
Beberapa keuntungan lain dari sebuah website adalah sebagai dokumentasi untuk menaruh hasil karya kita atau portofolio kita.

Usahakan desain website kita yang menarik dan terasa seperti gakery online. Dengan demikian makan akan pengunjung akan lebih percaya dan akan menyukai dari apa yang kita sugguhkan.

Seperti blog agen87 yang beberapa postingan kita adalah tentang desain, spanduk atau banner, flyer brosur, x banner, roll up banner, kartu nama dll. Itu adalah beberapa desain yang pernah saya buat dan hanya sebagai contoh saja. Walaupun saya pribadi tidak menjadikan blog ini dengan tujuan untuk berjualan produk, tapi lebih ke pemberian informasi- informasi saja kepada pembaca semua.

Untuk mengunjungi toko online kami silahkan dapat melihat ke blog marketonline.my.id.


5. Manfaat selanjutnya website pada era Industri 4.0 adalah sebagai media atau wadah untuk berasunsi atau berpendapat.

Manfaat website yang satu ini adalah sangat cocok buat sobat yang punya hobi nulis atau suka berbagi pendapat kepada khalayak banyak tentang sesuatu hal.

Tidak menutup kemungkinan kita bisa membuat zine online, blog pribadi atau bahkan media/ berita online.

Jika sobat tertarik dengan yang satu ini tidak ada salahnya sobat mulai berfikir guna menentukan tema atau tentang pembahasan apa yang akan sobat berikan lewat website pribadi nantinya.

Sobat dapat menentukan apakah akan menggunakan wordpress, blogger, jomla, wix, medium tergantung selera dan pastinya yang cocok buat sobat pribadi.

6. Manfaat website selanjutnya adalah sebagai Forum belajar Online. 

Tidak ada salahnya jika website kita dapat kita jadikan sebagai forum pembelajaran.

Tentu saja ini juga akan bermanfaat kepada khalayak banyak dan pastinya akan memberikan kepada pengunjung suguhan yang mereka cari.

Sobat dapat membagikan tentang pengetahuan yang di pahami untuk mengembangkan pengetahuan kepada orang lain.

Contoh dalam website sebagai forum belajar online sobat dapat membuat kelas-kelas online contohnya.

Dari hal ini juga sobat nanti dapat mendapatkan income tambahan dengan mengaktifkan sistem keanggotaan atau membership kepada mereka.

Tentu saja ini adalah keuntungan sekaligus sebagai tempat berbagi informasi menarik.

7. Mengurangi jejak karbon. 

Pada saat ini hampir semua hal sudah ter digitalisasi, kita punya tidak harus mempunyai toko fisik ketika memulai sebuah bisnis. Bisa dari rumah sendiri atau tempat pribadi dan tidak harus mengeluarkan biaya yang mahal guna menyewa tempat.

Tidak sampai disitu saja kita juga akan memangkaa penggunaan jejak karbon ketika kita membangun toko fisik. Tentu saja disamping mengurangi biaya pastinya keuntungan lain juga kita turut membantu memelihara kesehatan bumi kita tercinta. Mantap bukan????

Poin poin diatas adalah tentang bagaimana atau keuntungan apa saja dari sebuah website diera Industri 4.0.

Jika kita punya niat akan membuat sebuah website tentu saja kita harus memperhatikan juga tentang tujuan dari website yang hendak kita bangun nantinya.

Seperti kita tahu bahwa membuat sebuah website adalah sangat mudah akan tetapi bagai mana merawat sebuah website tentu saja membutuhkan kerja keras dan tidak segampang membuatnya.


Lalu bagai mana cara memaksimalkan sebuah website yang kita punya. Berikut adalah beberapa tips sederhana bagaimana cara memaksimalkan manfaat dari sebuah website.


Setelah kita memahami tentang apa saja manfaat atau keuntungan sebuah website di era 4.0 saatnya kita bergerak dan memahami apa saja yang perlu kita lakukan guna mengambil manfaat dalam sebuah website.


1. Tips pertama adalah memilih hosting yang terpercaya.

Ibarat sebuah rumah, maka hosting adalah tanah yang kita perlukan guna membangun pondasi yang kokoh.

Jika hosting yang kita gunakan kurang handal maka bisa saja website kita nanti akan bermasalah, seperti kecepatan, keamanan atau hal hal lain yang bikin kita kurang nyaman.

2. Perlunya melengkapi Informasi penting terkait website kita.

Hal ini akan berdampak baik tentunya bagi website kita jika kita melakukan atau memberikan informasi yang lengkap tentang website kita.

Pengunjung website pastinya akan mendapatkan awareness jika kita menampilkan informasi yang cukup mengenai sebuah produk atau jasa yang kita tawarkan dalam website kita.

Beberapa informasi penting yang dapat kita cantumkan setidaknya terkait 5w+1h what, who, when, where, why dan how, terkait website kita


3. Optimasi website.
Pengoptimalan dalam sebuah wesite juga merupakan hal yang tidak bisa di sepelekan.

Banyak keuntungan yang didapat, tidak hanya meningkat performa website kita di google serp, website dengan optimasi yang baik pasti akan memberikan kenyamanan dan juga pengalaman yang baik kepada pengunjung website kita.

Perlu diperhatikan optimasi tampilan website sesuai perangkat PC, tablet, handphone akan menjadi salah satu metode yang wajib di perhatikan.

Perhatikan juga kecepatan loading website kita jika lambat pasti tidak akan pernah dijamah pengunjung. Mereka akan mencari website lain yang tidak perlu menunggu lama saat mengunjungi website kita.


4. Jangan lupa pelajari tentang digital marketing.

Jika tujuan website kita adalah untuk promosi baik mempromosikan diri sendiri atau bisnis makan kita harus wajib mengetahui tentang dasar dasar sebuah Digital Marketing.

Manfaatkan google analytics, google, Facebook Ads, youtube Ads jika kita juga sekaligus pengen mengiklankan website kita. Dengan tujuan untuk meningkatkan kunjungan pada website kita.

5. Poin ke lima jika kita hendak memaksinalkan manfaat penting dari sebuah website kita adalah membuat konten yang berkualitas, memberikan manfaat bagi target pembaca. 

Dasar dasar Digitak marketing memang wajib kita pelajari, namun tidak bisa kita tinggalkan guna meningkatkan kualitas atau manfaat dari website kita adalah teknik dasar pembuatan konten.

Bukan apa-apa, konten adalah sebuah elemen yang tak terhindarkan jika kita hendak membuat manfaat website kita lebih baik lagi. Yang perlu diingat dalam sebuah konten antara lain adalah jumlah kata yang hendak digunakan, penentuan target kata kunci yang tepat, focus keyword, ejaan bahasa yang mudah dipahami, logika penggunaan tanda baca, ketelitian dalam mengetik. Hindari salah ketik sebisa mungkin.

Mengingat jika website kita akan dibaca banyak orang makan hal-hal dasar ini wajib kita pelajari dengan baik, agar konten yang kita sajikan mampu menjadi daya tarik bagi pengunjung.


Manfaat mengenai sebuah website dalam era Industri 4.0 dan juga tentang bagaimana tips meningkatkan website sudah kita bahas, sekarang kita masuk ke penutup yaitu kesimpulan.


Kesimpulan dalam pembahasan kali ini adalah. : 

Banyak yang bisa kita perbuat dengan sebuah website yang kita punya. Salah satu cara bagi kita untuk mengenalkan tentang apa saja yang hendak kita informasikan kepada pembaca website kita. Mulailah dari yang kecil jika tidak bisa langsung memulai dengan hal besar.

Karena tidak jarang sesuatu yang kecil dan kita abaikan justru akan menjadi hal yang besar dan justru bermanfaat bagi kita dan khalayak banyak..


Terimakasih telah membaca ulasan kami, dan kita senang bisa memberikan informasi yang baik kepada sobat agen87. com. 

Post a Comment for "Seperti Apa Manfaat Website Pada Era Revolusi Industri 4.0 "